Jalangkote
Jalangkote adalah cemilan andalan keluargaku lho ! Sering kali jadi menu sarapan pagi yang disantap dengan teh hangat. Dan jadi cemilan asyik di sore hari saat kumpul bersama keluarga di temani minuman favorit masing masing. Tapi ya....kalau bulan ramadhan, Jalangkote ini aku buat dan menyajikanya sebagai kudapan berbuka puasa yang disantap dengan minuman dingin yang menyegarkan. Jalankote di buat menggunakan #PalmiaMargarin Serbaguna, rasanya terasa begitu berbeda dengan rasa Jalangkote biasanya, #PalmiaBikinWOW masakan ini dengan rasa dan aroma yang khas, membuat kulitnya terasa renyah dan isiannya yang lebih lezat. Jadi deh #KreasiMasakanWOW untuk disantap bersama , dimana Menu jalangkote ini juga adalah cemilan khas daerah Sulawesi Selatan, tempat dimana aku dan keluarga berada.

#PalmiaMargarin #KreasiMasakanWOW #PalmiaBikinWOW

Bahan Kulit:

- 4 Sdm Palmia Margarin Serbaguna

- 500 gr terigu

-1 sdt garam

- 2 Sdm minyak goreng

- 150ml air

Bahan isi:

- 3 Sdm Palmia Margarin Serbaguna

- 200 gr daging ayam cincang

- 150 gr wortel,potong dadu kecil

- 150 gr kentang, potong dadu kecil

- 100 gr tauge,siangi 

- 50 gr soun, seduh air lalu tiriskan

- 2 batang daun bawang,iris tipis 

- 6 siung bawang putih, iris tipis

- 8 Siung bawang putih,iris tipis 

- 1/2 Sdm gula pasir

- 1/2 sdt pala bubuk

- 1 sdt lada bubuk

- 50 ml air

- Garam secukupnya

- 2 butir telur rebus, potong jadi 8 bagian ( aku skip karena anak memiliki riwayat alergi protein telur)

Bahan tambahan:

- Minyak goreng sesuai kebutuhan

- Putih telur secukupnya

Pelengkap:

Cocolan saus ( boleh saos tomat, saous kacang, saos Lombok, mayonaise atau air asam manis ) pilih ya salah satunya sesuai selera.

Cara membuat kulit:

1. Campur semua bahan kulit dalam satu wadah,uleni hingga kalis, namun jika belum Kalis juga bisa ditambahkan sedikit air hingga kalis

2. Pipihkan adonan kulit hingga berbentuk bulat tipis dengan ketebalan 3mm. Potong bulat dengan diameter sekitar 10 cm dan adonan kulit siap di gunakan.

Cara membuat isi:

1. Panaskan Palmia Margarin Serbaguna, tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.

2. Masukkan daging ayam, wortel, kentang dan daun bawang, aduk rata, lalu tuang air, aduk rata kembali sampai setengah matang.

3. Masukkan Touge,soun,gula,lada bubuk,pala bubuk dan garam secukupnya, aduk rata dan koreksi rasa, kemudian masak hingga matang.

Cara membuat JALANGKOTE:

1. Ambil satu lembar kulit, beri 2 sendok makan isian, ( tambahkan sepotong telur jika anda inginkan)

2. Bungkus jadi setengah lingkaran dan rekatkan sisinya dengan putih telur.

3. Pilin sisinya yang telah rekat hingga bentuknya jadi keriting seperti pastel, lakukan hingga semua bahan kulit dan isian habis.

4. Panaskan minyak untuk menggoreng, masukkan jalangkote dan goreng dengan suhu api sedang ,jika sudah mengembang naik ke permukaan minyak dengan warna sudah berubah kecoklatan, artinya sudah matang.

5. Angkat dan tiriskan,lalu sajikan bersama pelengkap,


Resep dari Sarah Kaalimataw
Bolu Tape Keju

Bolu Tape Keju

Saya seorang ibu dari 2 orang anak, si Abang yang usianya 4 tahun dan si Ade yang usianya 10 bulan. Kebutuhan hidup yang semakin meningkat, sementara suami baru saja resign kerja membuat saya berkeinginan memiliki usaha dan penghasilan sendiri untuk membantu mencukupi kebutuhan keluarga kami. Awalnya saya berjualan bubur ayam, akan tetapi karena merasa perputaran uangnya kecil dan lambat sya akhirnya memutuskan untuk sementara waktu menutup kedai bubur ayam tsb dan menggantinya dengan usaha lain. Awalnya bingung, apa yang mau dijual karena disamping memikiran usaha saya juga harus mengurus kedua buah hati saya tanpa bantuan oranglain (ART ataupun babysister). Selama kedai bubur ayam tsb tutup, alhamdulillah banyak pesenan kue yang masuk dari rekan kerja suami yang kebetulan mau nikahan. Beliau pesan berbagai macam kue untuk sajian. Terpikir, bagaimana kalo akhirnya jualan kue aja? Lalu ada teman yang pernah makan kue buatan saya bilang "kenapa ga jualan kue az? Risol dan kue-kue buatanmu enak loe". Berawal dari sini, akhirnya memutuskan untuk jualan kue. Awal yang berat untuk kami sekeluarga, karena keterbatasan modal dan alat yang saya miliki untuk memulai usaha. Suami meyakinkan saya, kalo saya pasti bisa. Saya hanya belajar baking secara otodidak (hobi) sementara disekitar kami banyak orang yang usahanya cake n kue kekinian. Sempat ragu tapi berusaha meyakinkan diri, jika kami mampu. Alhamdulilah, sejak febuari sampai sekarang usaha kami bisa bertumbuh dan mulai dikenal masyarakat sekitar Balikpapan dengan Bolu Tape dan Pisang Keju sebagai Menu Andalan Dapur Mumtaz.

Zeppole (Baked Version)

Zeppole (Baked Version)

Zeppole merupakan hidangan khas Italia yang biasanya dihidangkan saat St. Joseph's Day pada tanggal 19 Maret atau biasanya disebut sebagai Hari Ayah. Zeppole diproses dengan cara digoreng, namun kali ini saya akan membuat versi dipanggang.

Bolu Kukus Pandan Fla Gula Merah

Bolu Kukus Pandan Fla Gula Merah

Camilan yang satu ini cocok di sajikan saat berbuka puasa, karena rasanya manis, lembut, dan lezat. #PalmiaDIRP2024

BOLU KELAPA

BOLU KELAPA

Rayakan Natal tahun ini dengan kue-kue lezat yang cantik seperti kreasi Bolu Kelapa ala Palmia.

Palmia
Upload Resep dan Struk untuk mendapatkan points

Beli Produk Palmia