Tips Simpan Sayuran Agar Tetap Segar Dimasak Saat Sahur

Untuk sahur keluarga, tentu Anda ingin memberikan hidangan istimewa dari bahan-bahan makanan segar yang dimasak menggunakan Palmia Margarin Serbaguna. Sehabis dibeli, sayuran sebaiknya jangan langsung diletakkan di kulkas begitu saja. Sayur membutuhkan kelembapan yang tinggi dan mudah cepat busuk, Anda perlu tahu tips menyimpan sayuran yang tepat agar tetap segar hingga waktu memasak sahur nanti.

 

Cuci bersih dan keringkan

Semua sayuran sebelum masuk ke kulkas harus dibersihkan terlebih dahulu karena bakteri yang menempel bisa membuat sayuran lebih cepat busuk. Lalu keringkan sayuran karena sayuran yang masih basah adalah tempat yang nyaman untuk bakteri berkembang biak sehingga mempercepat pembusukan. Jadi pastikan sayuran kering kemudian bungkus dengan kertas atau plastik berlubang agar tingkat kelembabannya terjaga dan sayur tetap bisa bernapas. Kemudian baru simpan di rak khusus sayuran di bagian bawah kulkas.

Jauhkan sayuran bergas dengan makanan lain

Beberapa diantaranya yaitu tomat dan bawang-bawangan. Letakkan tomat ditempat terpisah dari sayuran lain, gas yang keluar dari tomat akan membuat sayuran di dekatnya lebih cepat membusuk. Untuk bawang-bawangan pun sebaiknya Anda cuci lalu kupas atau iris dan simpan di dalam wadah plastik yang tertutup rapat sebelum masuk ke kulkas. Hal ini agar bawang bisa lebih hemat tempat dan baunya tidak mencemari bahan makanan lain di sekitarnya.

Pisahkan sayuran dengan buah

Buah mengeluarkan zat etilen yang mempercepat tingkat kematangan buah dan sayuran sehingga bsia lebih cepat busuk. Jadi, bila kulkas Anda tidak terlalu penuh, sebaiknya pisahkan rak menyimpan buah dan sayuran ya.

Jaga suhu kulkas

Untuk menyimpan sayuran, kulkas tidak perlu di set hingga suhu ekstrem. Suhu yang terlalu rendah bukannya malah memperawet kesegaran sayuran malah akan membuat sayuran beku. Set suhu ideal kulkas antara 2oC hingga 4oC.


Beli Palmia diSini