Tips Simpan Daging Agar Tahan Lebih Lama & Segar

Salah satu momen yang identik dengan Idul Adha adalah menikmati hidangan berbahan daging di rumah bareng keluarga. Banyaknya daging yang didapat tentunya membuat tidak semua daging bisa langsung dimasak sehingga sebagian butuh disimpan dalam kulkas. Agar daging yang Anda simpan tidak cepat basi akibat banyaknya bakteri yang menempel, yuk simak dulu cara berikut ini.

Pisahkan Dengan Jenis Daging Lain

Meski sama-sama daging, namun pisahkan daging kambing atau sapi dengan jenis daging lainnya seperti ayam dan ikan. Karena selain bisa membuat daging rusak, aromanya pun akan tercampur dan rasanya jadi kurang sedap. Oleh karna itu, pisahkan daging menurut jenis dan tanggal belinya ya, Palmia Fans.

Potong-potong Sebelum Di Simpan

Bila Anda memiliki daging seberat 2 kilogram ke atas, ada baiknya Anda memotong daging kecil-kecil sebelum di simpan. Lalu masukkan ke dalam kantong terpisah berukuran 1 kilogram. Sehingga saat Anda akan memasaknya, Anda tidak perlu mengeluarkan semua daging yang Anda miliki, cukup ambil seperlunya untuk sekali memasak. Daging yang lain pun akan lebih kecil terkontaminasi bakteri akibat dibuka dari tempat penyimpanan.

Ada baiknya, bila Anda ingin mengolah daging yang sudah beku, jangan rendam daging menggunakan air panas. Penggunaan air panas malah akan membuat daging tidak segar dan lembek. Cara yang tepat adalah membiarkan daging masih terbungkus dalam plastik lalu letakkan daging dibawah air keran yang mengalir dengan suhu normal.

Simpan dalam Wadah

Agar daging lebih awet, sangat disarankan untuk menyimpan daging dalam wadah tertutup atau plastik agar daging tidak terkontaminasi bakteri lain serta tidak meninggalkan aroma dalam kulkas. Anda juga sebaiknya tidak mencampurkan daging dengan makanan lain di dalam kulkas.

Simpan di Freezer

Menyimpan daging dalam freezer adalah langkah paling tepat untuk mempertahankan kesegaran daging. Simpanlah dalam suhu 2oC – 5oC karena rentang temperatur tersebut cocok untuk menyimpan daging. Dengan menyimpan di dalam kulkas yang bersuhu dingin, pertumbuhan bakteri pada daging bisa diperlambat sehingga dapat menghindari keracunan pada makanan.

Meski disimpan dalam kulkas, namun sebaiknya Anda tidak menunda-nunda untuk mengolah daging agar bisa dikonsumsi dalam keadaan yang masih baik dan segar. Anda juga bisa membuat kreasi hidangan daging dengan resep Beef Steak With Black Pepper Sauce menggunakan Palmia Margarin Serbaguna supaya masakan buatan Anda makin istimewa. ??