Tips Pepes Gurih Tak Bau Amis

Begitu banyak kuliner Indonesia yang diolah dengan cara dikukus, salah satunya pepes. Pepes pun punya banyak variasi bahan mulai dari yang paling umum, yaitu tahu dan ikan hingga ayam, jamur bahkan kodok. Namun meski terlihat mudah membuatnya, kadang pepes yang sudah jadi malah terasa agak bau amis atau langu dan kurang gurih, bahkan isi pepes kadang berceceran keluar dari lipatan daun. Bila Anda menemui kendala seperti ini, yuk simak dulu tips membuat pepes berikut ini.

 

Gunakan Daun yang Sudah Dikukus

Salah satu alasan kenapa isi pepes keluar dari daun karena selain isinya terlalu penuh juga karena daun bertekstur kaku saat dilipat. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa mengukus daun pisang terlebih dahulu sebelum digunakan hingga cukup layu agar tekstur daun lebih lentur dan mudah dilipat.

Tumis Bumbu Sebelum Digunakan

Apa Anda sering menggunakan bumbu mentah saat membuat pepes? Bila iya, tidak ada salahnya Anda mencoba cara satu ini karena meski penggunaan bumbu mentah membuat pepes beraroma lebih kuat dan terasa khas namun hal itu bisa juga membuat pepes jadi terasa langu. Tumislah bumbu pepes baik yang halus maupun yang iris dengan Palmia Garlic Margarine agar aromanya semakin harum dan tentunya rasanya semakin sedap.

Perhatikan Pengolahan Bahan Isi

Seperti disebutkan sebelumnya ada begitu banyak varian isi pepes sehingga beda bahan isi beda pula cara mengolahnya.

Bila menggunakan ayam, Anda bisa menggunakan ayam fillet atau ayam yang masih bertulang. Akan agak sulit saat memakannya bila Anda menggunakan ayam yang masih bertulang tapi rasanya lebih gurih karena kaldu alami dari tulang yang ikut terolah. Selanjutnya rendam ayam sebentar dalam bumbu agar bumbu lebih terasa.

Bila menggunakan bahan tahu, pilihlah tahu yang lembut dan kenyal. Tapi ingat jangan yang terlalu kenyal atau yang tidak mudah hancur karena itu tanda tahu mengandung banyak pengawet. Tambahkan juga kuning telur dalam adonan tahu agar pepes lebih padat dan tidak meluber saat dikukus. Pemilihan tahu ini pun juga harus Anda ingat bila ingin membuat kreasi lain seperti Tofu Cheese Cake.

Sedangkan untuk pepes ikan, Anda bisa menggunakan ikan favorit Anda tapi baiknya pilih yang bertulang sedikit agar Anda pun tidak repot saat mau memakannya. Bila Anda menggunakan ikan peda atau asin, baiknya rendam dulu dalam air panas untuk mengurangi rasa asinnya karena nantinya pun Anda akan menggunakan garam dalam pengolahan bumbu.

Untuk pepes jamur, Anda bisa memilih jenis jamur apa saja yang bisa dikonsumsi baik jamur tiram atau jamur kancing. Berbeda dengan bahan yang lain, Anda tidak perlu lama-lama mengukus jamur karena proses memasak yang lama malah akan membuat tekstur dan rasa jamur berubah drastis.

Kombinasikan Mengukus dan Membakar

Biasanya sesuai selera yang membuat, pepes ada yang dikukus dan ada pula yang dibakar. Tapi agar aroma pepes semakin terasa dan pepes terhindar dari bau langu dan berair, sebaiknya Anda menggunakan ke dua cara tersebut. Kukus pepes terlebih dahulu baru kemudian bakar di atas arang atau panggang dengan teflon.

Itu dia beberapa tipsnya, mudah bukan membuat pepes yang lezat dan jadi favorit keluarga, Palmia Fans. 

 


Beli Palmia diSini