Awas Gagal, Jangan Lakukan Hal Ini Saat Membuat Bolu Kukus

Bolu kukus yang mekar sempurna tentu terlihat cantik dan semakin menggugah selera. Saat membuat bolu kukus sendiri di rumah pastinya ada trial and error di mana bolu jadi kempes atau bantat. Agar Anda terhindar dari masalah seperti itu, yuk hindari hal-hal berikut ini.

 

Kurang Memperhatikan Kesegaran Bahan

Bahan yang segar dan berkualitas menentukan kelezatan suatu hidangan. Oleh karena itu, perhatikan terlebih dahulu bahan-bahan kue yang Anda gunakan sebelum mengolahnya. Gunakan telur dan Royal Palmia Butter Margarine yang bersuhu ruangan dan belum mendekati tanggal kadaluarsa. Begitu juga dengan bahan kering seperti baking soda dan tepung. Pastikan baking soda masih aktif sebelum digunakan agar bolu kukus mengembang sempurna. Cek juga ciri tepung berkualitas dan yang sudah tidak segar di sini.

 

Mengukus Saat Air Belum Mendidih

Bolu kukus buatan Anda justru malah akan bantat dan lama matangnya bila Anda melakukan hal ini. Panaskan kukusan terlebih dahulu dengan mendidihkan airnya sebelum memasukkan adonan kue. Ingat juga untuk tidak mengisi air dalam kukusan sampai menyentuh dasar tatakan kue karena airnya malah akan membasahi kue yang sedang dikukus.

 

Sering Membuka Tutup Kukusan

Kesalahan yang paling umum adalah sering membuka tutup kukusan untuk memastikan apakah bolu sudah matang atau apakah air kukusannya cukup. Apapun alasannya, hindari melakukan hal ini karena bisa berakibat tetesan uap air jatuh ke atas permukaan adonan dan membuat hasil akhir bolu kempes tak mengembang. Akali dengan mengisi air dalam panci secukupnya atau ¾ jarak antara tatakan kukusan dan dasar panci lalu lapisi penutup panci dengan handuk atau kain tipis agar uap air terserap.

 


Beli Palmia diSini